Profil Singkat

Blog ini mengetengahkan tulisan-tulisan seputar dinamika kehidupan masyarakat, yaitu: politik, sosial, budaya, agama, pendidikan dan sastra. Tulisan-tulisan yang dimuat dalam blog ini adalah buah pikiran Pahrudin HM, MA.

Penulis adalah anak ke-9 dari sembilan bersaudara (alias bungsu) dari seorang petani di sebuah desa di Tabir Ilir, Kab. Merangin, Jambi. Oleh para keponakannya yang seabrek itu, penulis biasa dipanggil ‘Pak Cik’, untuk menyebut paman terakhir dalam tradisi Melayu-Jambi. Meskipun demikian, ada juga yang memanggilnya ‘Janggut’ untuk menyebut ‘Kakek’ dalam tradisi Melayu-Jambi oleh anak-anak dari beberapa keponakannya.

Menempuh pendidikan dasar (SD) di kampung halamannya, sedangkan pendidikan menengah dan atasnya (MTs dan Madrasah Aliyah) dilalui di Pondok Pesantren Assalam Sungai Lilin Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Adapun pendidikan tingginya ditempuh di Jurusan Bahasa & Sastra Arab, Fakultas Adab, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, sedangkan pendidikan pascasarjananya dilalui di Program Pascasarjana Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Sehari-hari penulis lebih banyak menghabiskan waktu di Yogyakarta. Meskipun demikian, seiring dengan beragam aktivitas yang dilakoninya, penulis juga sering bepergian ke Malang dan Surabaya. Di saat liburan, terutama pada Hari Raya Idul Fitri, penulis juga ‘pulang kampung’ berkumpul dengan kedua orang dan saudara-saudara di sebuah desa di pinggiran Sungai Tabir-Merangin.

Komentar

  • roedijambi  On 27 Januari 2010 at 3:09 am

    Blog ini berisikan tulisan-tulisan seputar tema-tema politik, budaya, agama, pendidikan, sosial, sastra dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: